Cara Membuat Pondasi Cakar Ayam Saat Bangun Rumah

Dalam pembangunan rumah, pondasi memegang peranan penting untuk menjaga agar bangunan tersebut tetap kuat dan kokoh. Pasalnya jika pondasi tersebut tidak kuat dan kokoh sehingga memenuhi standar bangunan yang baik, maka tak peduli seindah dan semegah apapun bangunan tersebut, akan menjadi sia-sia dan percuma.

cara-membuat-pondasi-cakar-ayam-saat-bangun-rumah.jpg

Pentingnya fungsi dan keberadaan pondasi rumah, merupakan sebuah tonggak utama yang harus disiapkan pada saat akan membuat rumah. Sehingga pembuatan pondasi model rumah minimalis atau bangunan lain, nantinya akan sesuai dengan jenis bangunan yang akan dibuat. termasuk untuk bahan dinding menggunakan bata ringan atau bata merah.

Jenis Pondasi

Berdasarkan jenisnya, pondasi bangunan dibagi menjadi 2 kategori besar. Yaitu kategori pondasi dalam dan kategori pondasi dangkal. Masing-masing kategori tersebut diaplikasikan pada bentuk bangunan atau rumah yang berbeda, tergantung berdasarkan besar kapasitas beban dari bangunan yang akan dibuat tersebut.

Umumnya jenis pondasi dalam banyak digunakan untuk menyangga jenis bangunan yang memiliki kapasitas beban bangunan yang besar seperti gedung bertingkat, apartemen, hotel, menara, dan berbagai bangunan tinggi lainnya.

Sedangkan jenis pondasi dangkal umumnya digunakan untuk jenis bangunan yang memiliki kapasitas beban lebih kecil atau menengah, misalnya seperti bangunan rumah tinggal dengan 1 lantai atau bangunan-bangunan lainnya yang tidak bertingkat dan memiliki beban lebih kecil.

Baca juga: Motif marmer

Pondasi Rumah Berlantai 1

Sesuai dengan pembagian jenis atau kategori pondasi yang ada, yaitu pondasi dalam dan pondasi dangkal, jenis rumah tinggal berlantai 1 yang menggunakan pondasi dangkal dapat dibuat dari berbagai jenis material atau bahan.

Umumnya pondasi tersebut dibuat menggunakan bahan batu kali yang dibuat dengan menggunakan penampang trapesium yang memiliki sisi pendek di bagian atasnya.

Material batu kali tersebut direkatkan menggunakan adukan beton sehingga pondasi rumah atau bangunan yang menggunakan bahan batu kali cocok untuk tanah yang memiliki struktur keras.

Pondasi Cakar Ayam

Jenis pondasi cakar ayam, merupakan jenis pondasi yang memiliki kedalaman umum sekitar 1 meter, atau disesuaikan dengan tingkat kelabilan dan struktur tanah. Misalnya seperti jenis tanah liat dan tanah merah yang umumnya cenderung lebih labil dibanding jenis tanah biasa atau berpasir.

Pondasi Rumah Berlantai 2

Rumah berlantai 2 memiliki struktur bangunan yang lebih berat dan besar dibanding rumah berlantai 1.

Oleh karena itu umumnya rumah berlantai 2 menggunakan pondasi foot plat dan plat jalur yang menggunakan sokong bangunan.

Leave a comment