Rincian Modal Usaha Untuk Ternak Lele

Pusing cari lowongan kerja dimana-mana belum dipanggil interview juga. jangan khawatir daripada bengong mending buka usaha kecil-kecilan yuk. 

Kita sebagai orang Indonesia pasti sudah sangat familiar dengan ikan lele. Namun tahukah Anda bahwa ternyata Anda juga bisa loh memiliki ternak lele? Anda bisa menggunakannya untuk bisnis usaha rumahan atau untuk bisnis dalam skala lebih besar. Penghasilan untuk ternak lele ini pun cukup menjajikan. Lele sendiri banyak disukai orang sebagai lauk pendamping nasi. Rasanya sendiri sangat gurih, renyah, dan enak. Berapa ya kira-kira modal  yang dibutuhkan untuk memuat usaha ternak lele? Berikut adalah modal usaha untuk ternak lele.

  1. Bibit lele. Ada 2 cara untuk mendapatkan bibit lele yang kecil-kecil. Langkah pertama dengan mengawinkan benih lele jantan dan betina yang sudah besar dan dewasa. Langkah kedua dengan membeli benih lele di peternak lele langsung. Harga benih lele di desa kecil biasanya mulai dari Rp 400 untuk ukuran 2cm. Anda memerlukan budget sekitar Rp 400 ribu jika ingin beternak 1000 lele.
  2. Modal yang dibutuhkan berikutnya adalah kolam. Jika Anda beternak 1000 lele maka luas kolam yang dibutuhkan adalah 4mx6m. Kolam nya sendiri bisa Anda buat dari terpal plastik di harga sekitar Rp 500 ribu.
  3. Salah satu tips untuk beternak ikan lele dumbo dan sangkuriang adalah memberi makan secara teratur dan disiplin. Misalnya tiga kali sehari. Pastikan Anda tidak telat dalam memberi makan lele karena jika diberi makan telat sedikit saja, maka lele akan menjadi kanibal dan memangsa satu sama lain. Harga pakan ikan lele biasanya sekitar Rp 600  ribu untuk 3 bulan.

Modal pendukung untuk berbisnis lele lainnya adalah sebagai berikut vitamin seharga Rp 150 ribu, biaya karyawan Rp 1 juta, harga ember Rp 20 ribu, harga gayung Rp 10 ribu, harga selan air Rp 60 ribu, dan biaya tak terduga Rp 200 ribu. Estimasi untuk memulai usaha ini adalah sekitar Rp 3 juta. Tentu saja biaya ini hanya estimasi karena harga modal di setiap tempat berbeda-beda tergantung di mana lokasi Anda tinggal.

Kalau mau tetep ikhtiar cari lowongan kerja hari ini kamu bisa buka portal lowongan kerja yang sekarang ini sudah ada banyak di Indonesia seperti jobsDB, jobstreet, dan Topkarir.com

Leave a comment